Summary Abbott Laboratories

Bersumber dari catatan laman wikipedia, Abbott Laboratories merupakan sebuah perusahaan kesehatan  perusahaan ini memiliki 68.000 karyawan dan beroperasi di 130 negara. Markas perusahaan ini terletak di abbott park, illionis. Abbott laboratories didirikan oleh dokter dari Chicago Wallace Calvin Abbott tahun 1888. Abbott memiliki berbagai macam obat generik bermerek, alat kesehatan, diagnostik, dan produk nutrisi bermerek. Bisnis diagnostik in-vitro perusahaan melakukan immunoassay dan skrining darah. Tes medis dan sistem instrumen diagnostiknya digunakan di seluruh dunia oleh rumah sakit, laboratorium, bank darah, dan kantor dokter untuk mendiagnosis dan memantau penyakit seperti HIV, hepatitis, kanker, gagal jantung dan gangguan metabolisme, serta menilai indikator kesehatan lainnya. Pada tahun 1985, perusahaan mengembangkan tes skrining darah HIV pertama.. Pendapatan tertinggi perusahaan ini terjadi pada tahun 2007 dengan jumlah 25.194 milliar dollar USD dan laba bersih sebesar 3.606 milliar dollar USD.

Pada buku “Baik menjadi hebat” yang dilakukan oleh Abbott Laboratories untuk menjadi yang paling baik dalam menciptakan portofolio produk yang menurunkan biaya perawatan kesehatan. Abbott menghadapi kenyataan bahwa perusahaan tidak bisa menjadi perusahaan farmasi paling baik di dunia, walaupun fakta bahwa produk farmasi pada saat itu merupakan 99 persen penghasilannya. Abbott menggeser fokusnya untuk menciptakan portofolio produk yang memberikan kontribusi pada penurunan biaya perawatan kesehatan, produk nutrisi yang pada prinsipnya untuk rumah sakit, peralatan diagnostik dan pasokan rumah sakit. Konsep landak yang diterapkan oleh Abbott Laboratories cukup berani, karena mereka rela untuk tidak memfokuskan sumber utama pendapatnya untuk dapat dikembangkan, yaitu di bagian produk farmasi. Perusahaan pada umumnya jika sudah menemukan sumber utama pendapatannya, maka bagian itu yang akan di fokuskan dan terus dikembangkan. Berbeda dengan Abbott, mereka mulai menciptakan sebuah portofolio produk untuk memberikan perawatan kesehatan yang hemat biaya, produk nutrisi. Semua itu pada prinsipnya itu bagian yang dikerjakan oleh rumah sakit,juga memasok peralatan diagnostik dan pasokan untuk rumah sakit. Dapat dikatakan bahwa Abbott Laboratories dalam konsep landaknya akan menuju kepada semi Rumah Sakit. Abbott merupakan perusahaan sekaligus rumah sakit.

Pada pemahaman pembagi ekonomi baik menjadi hebat, Abbott membagi ekonominya menjadi per  karyawan. Pergeseran dari laba per lini produk menjadi laba per karyawan cocok dengan ide memberi kontribusi pada pada perawatan yang hemat biaya. Menurut laman Wikipedia laba per karyawan adalah pendapatan perusahaan dibagi dengan banyak karyawan. Secara publik, semakin tinggi, semakin efisien perusahaan memakai karyawan, namun banyaknya hanya secara terus dibandingkan ketika perusahaan membandingkan yang sifatnya sangat mirip. Tidak berada aturan tentang apa yang merupakan level yang tidak sewenang-wenang dari pendapatan per karyawan, atau tajuk yang buruk. Abbott memfokuskan untuk mengejar laba per karyawan. Pembagian laba per karyawan ini cocok dengan ide memberi kontribusi perawatan kesehatan dengan hemat biaya, karena dengan memanfaatkan perubahan laba dari lini produk ke laba per karyawan, laba tersebut dapat digunakan untuk mewujudkan perawatan kesehatan yang hemat biaya. Semacam memberikan subsidi untuk biaya perawatan kesehatan sehingga adanya penekanan biaya bagi pelanggan untuk mendapatkan biaya perawatan yang hemat atau murah.


Daftar Pustaka
Collins Jim, 2004, Baik Menjadi Hebat, Kharisma, Jakarta.
https://id.wikipedia.org/wiki/Abbott_Laboratories



Postingan populer dari blog ini

Teori Posmodernisme Jean Baudrilard; Masyarakat Konsumsi, Simulacra dan Hipperelitas